Implementasi Numerasi Pada Pembelajaran Bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Semarang

Authors

  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang Author
  • Ali Shodiqin Universitas PGRI Semarang Author
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Universitas PGRI Semarang Author
  • Dhian Endahwuri Universitas PGRI Semarang Author
  • Ferina Agustina Universitas PGRI Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.60023/2dyc6819

Keywords:

Pelatihan, Numerasi, STEM, Computational Thinking, Wolfram

Abstract

Pelatihan "Implementasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika" dirancang untuk anggota MGMP Matematika dengan tujuan memperkuat keterampilan dalam menerapkan konsep numerasi dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini memperkenalkan berbagai metode praktis untuk mengintegrasikan numerasi dalam pembelajaran matematika, termasuk penerapan numerasi dalam kurikulum STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Teknologi juga diperkenalkan dalam pelatihan ini, dengan penggunaan perangkat lunak seperti Wolfram Mathematica. Software ini menyediakan alat canggih untuk visualisasi dan manipulasi data, yang dapat memperkaya pengalaman belajar matematika secara interaktif dan mendalam. Selain itu, pelatihan ini membahas metode asesmen numerasi yang efektif untuk mengukur pemahaman dan kemajuan siswa, seperti tugas praktis, tes, dan umpan balik konstruktif. Selama pelatihan, peserta berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam implementasi numerasi, serta berbagi praktik terbaik dan pengalaman antar peserta. Kegiatan kelompok juga dilaksanakan untuk merancang dan menguji rencana pelajaran berbasis numerasi, memungkinkan peserta untuk menerapkan konsep yang dipelajari dalam situasi pembelajaran nyata. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pengajaran matematika, mendukung perkembangan numerasi siswa, dan memfasilitasi penerapan numerasi dalam pembelajaran sehari-hari. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berfokus pada dua kegiatan utama: pertama, memberikan pelatihan kepada guru mengenai penerapan numerasi dalam pembelajaran, dan kedua, melatih guru untuk merancang perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan numerasi. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengajaran matematika dan memperkuat kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan yang berbasis pada pengajaran interaktif, teknologi, serta asesmen yang efektif.

References

Aini, S. N., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Pendampingan Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 573-583.

Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyawati, R. D. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Matematis Berbasis PjBL STEM Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2118-2126.

Astutik, I. D., Pramasdyahsari, A. S., & Setyawati, R. D. (2024). Development of PJBL-STEM based E-books Assisted by Geometry Calculator to Foster Students' Critical Thinking Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 69-82.

OECD. (2010). The High Cost of Low Educational Performance: The Long-Run Economic Impact of Underperforming Education Systems. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264072738-en

Desimone, L. M., Smith, T. M., & Ueno, K. (2013). Are comprehensive school reform programs really effective? A meta-analysis of the research. Review of Educational Research, 83(4), 481-515. https://doi.org/10.3102/0034654313490701

Goos, M., Geiger, V., & Dole, S. (2014). Teaching Mathematics: A Handbook for the Primary and Secondary Classroom. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4594-8

Rice, J. K. (2010). The Impact of Teacher Quality on the Achievement Gap. Journal of Educational Policy, 25(6), 693-717. https://doi.org/10.1080/02680939.2010.521249

Borko, H. (2013). Professional Development and Teacher Learning: Mapping the Terrain. Educational Policy, 24(4), 267-274. https://doi.org/10.3102/003465431245001

Dweck, C. S. (2015). Mindset: The New Psychology of Success. Ballantine Books.

Geary, D. C. (2013). Mathematical Cognition: A Review of Current Research and Theory. Learning and Individual Differences, 25, 32-45. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.08.002

Cavanagh, M., & McMaster, H. (2016). Early Intervention in Numeracy: A Study of the Effects of Early Interventions on the Mathematical Performance of Students. Journal of Research in Mathematics Education, 47(1), 59-76. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.47.1.0059

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. (2008). Content Knowledge for Teaching: What Makes It Special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389-407. https://doi.org/10.1177/0022487108324554

Harun, L., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 180-190.

Lutfiyana, L., Dwijayanti, I., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Kemampuan literasi matematika dalam penyelesaian masalah aturan sinus dan kosinus ditinjau dari pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 6(2), 151-162.

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4-14. https://doi.org/10.3102/00346543015002004

Widjaja, W. (2012). The Impact of Teacher Knowledge on Student Learning in Mathematics in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 24(2), 211-227. https://doi.org/10.1007/s13394-012-0020-1

Susanto, H. (2014). Mathematical Knowledge for Teaching: The Case of Indonesian Mathematics Teachers. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(4), 1031-1050. https://doi.org/10.1007/s10763-013-9443-3

English, L. D. (2016). Numeracy and STEM Education: Integrating Mathematical Thinking with the Sciences. International Journal of STEM Education, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0022-4

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33-35. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215

Grover, S., & Pea, R. D. (2013). Computational Thinking in K–12 Education. Education Digest, 78(7), 20-27. https://doi.org/10.3102/0034654313490701

Wolfram, S. (2002). A New Kind of Science. Wolfram Media.

OECD. (2013). Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en

Griffin, P., & Care, E. (Eds.). (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penilaian Pembelajaran.

Pramasdyasari, A. S., Aini, S. N., & Setyawati, R. D. (2024). Enhancing Students’ Mathematical Critical Thinking Skills through Ethnomathematics Digital Book STEM-PjBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 97-112.

Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Aini, S. N., Nusuki, U., Arum, J. P., Astutik, I. D., ... & Salmah, U. (2023). Fostering students’ mathematical critical thinking skills on number patterns through digital book STEM PjBL. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7), em2297.

Pramasdyahsari, A. S. (2023). Berpikir Kritis Matematis dan Literasi Matematika melalui Digital Book Berbasis STEM-PJBL.

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38-47.

Becker, J. R., & Park, K. (2011). "Teaching Mathematics in the Context of STEM Education: A Review of Research." Journal of Research in Mathematics Education.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83-92.

Setyawati, R. D., Pramasdyahsari, A. S., Astutik, I. D., Nusuki, U., Aini, S. N., Arum, J. P., ... & Zuliah, N. (2022). Improving mathematical critical thinking skill through STEM-PjBL: A systematic literature review. International Journal on Research in STEM Education, 4(2), 1-17.

Setyawati, R. D., Prasad, B., Pramasdyahsari, A. S., & Aini, S. N. (2023). Construct the Validity of STEM and Project-based Critical Thinking Skills Test Instruments Using the Rasch Model. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 96-110.

Shute, V. J. (2008). "Focus on Formative Feedback." Review of Educational Research.

Silvia, R. D., Pramasdyahsari, A. S., & Nizaruddin, N. (2023). Analisis kemampuan computational thinking siswa pada materi aljabar ditinjau dari pemecahan masalah matematis. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(2), 176-190.

Sowder, J. (2007). "The Mathematical Education and Development of Teachers." In F. K. Lester Jr. (Ed.), Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 157-223). Information Age Publishing.

Tharp, R. G., & Gallimore, R. (1988). Rousing Minds to Life: Teaching, Learning, and Schooling in Social Context. Cambridge University Press.

Tyas, B. N. M. W., Pramasdyahsari, A. S., Budiarti, R., & Utami, R. E. (2024). Profil numerasi siswa kelas X SMK dalam materi permutasi kombinasi berdasarkan kemampuan matematis. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 190-199.

Wulandari, P., Pramasdyahsari, A. S., Prasetyowati, D., & Handayaningsih, M. (2024). Profil Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal SPLTV pada Siswa kelas X SMA ditinjau dari Kemampuan Matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 6(1), 13-28.

Downloads

Published

2025-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Numerasi Pada Pembelajaran Bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Semarang. (2025). Journal of Community Research & Engagement, 2(1), 13-27. https://doi.org/10.60023/2dyc6819