PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA TANGSEL Studi Kasus Pada Taman Kanak-Kanak Ciputat Tangerang Selatan Bagian Terbitan EKMABIS Edisi 1

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farhat Abas

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas Iklim Sekolah dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik sebagai variabel terikat pada
Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan. Terdapat pengaruh Iklim
Sekolah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik , terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah
terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dan terdapat pengaruh Iklim Sekolah dan Kepemimpinan
Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Taman KanakKanak
Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan.


Variabel Iklim Sekolah ternyata memiliki pengaruh yang positif dan kuat terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik dengan nilai koefisien korelasinya, yaitu rx1y = 0,605, dengan koefisien determinasi
sebesar 0,366 yang berarti Prestasi Belajar Peserta Didik sebesar 36.6% ditentukan oleh Iklim Sekolah
dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 63.4%. 2) Sedangkan variabel Kepemimpinan
Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang berkategori kuat dan positif terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik dengan nilai koefisiennya, yaitu rx2y = 0,675, dengan koefisien determinasi sebesar 0,456
yang berarti Prestasi Belajar Peserta Didik sebesar45.6% ditentukan oleh Iklim Sekolah dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 54.4%. 3) Korelasi berganda antara Iklim Sekolah dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada
Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan memiliki pengaruh yang kuat
dengan nilai koefisien korelasi (Rx1,x2y) = 0.716 dengan koefisien determinasi sebesar 0,513. Hal ini
menunjukkan 51,3% variabel Prestasi Belajar Peserta Didik ditentukan oleh faktor variabel Iklim Sekolah dan Kepemipinan
Kepala Sekolah, sedangkan sisanya 48,7% ditentukan faktor lain, yang dalam penelitian ini tidak
dapat diteliti

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Biografi Penulis

Farhat Abas, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha

Farhat Abas,

Dosen STIE Ganehsa Jakarta

Cara Mengutip
Abas, F. (2023). PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA TANGSEL: Studi Kasus Pada Taman Kanak-Kanak Ciputat Tangerang Selatan. JURNAL ILMIAH EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.60023/ekmabis.v1i1.50