ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH AKUNTANSI DI PERGURUAN TINGGI SWASTA

Penulis

  • Syarif Hidayatullah STIE Ganesha

Kata Kunci:

Skala Kegunaan Sistem, E-learning, SUS E-learning Score

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah memukul semua sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Berbagai perkembangan teknologi yang relevan dengan dunia pendidikan, memaksa perguruan tinggi menyerap kecanggihan teknologi informasi yang ada. Wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh penjuru dunia sejak lama menjadi pemicu utama dunia pendidikan mengadopsi berbagai perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ditinjau dari teknik pengumpulan data adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah mahasiswa STIE Ganesha Jakarta yang telah mengambil mata kuliah akuntansi. Kursus khusus yang diambil adalah: pengantar akuntansi, akuntansi biaya, akuntansi manajemen. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 86 siswa. Skor SUS E-learning STIE Ganesha Jakarta sebesar 54 termasuk dalam kategori Marginal Low. Skor SUS dianggap baik, jika nilainya lebih dari 70,4. Hasil pengukuran usability dapat menjadi langkah awal dalam mengevaluasi E-learning. Skor SUS E-learning STIE Ganesha Jakarta sebesar 54 menunjukkan bahwa E-learning belum dapat digunakan, bahkan pengguna berpotensi menjadi deductors yang dapat mengurangi jumlah pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

05/04/2023