MANAJEMEN STRATEGI SEBAGAI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA OBJEK WISATA CIUNG WANARA, CIAMIS JAWA BARAT

Penulis

  • Putri Noor Ramayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.60023/litabdimas.v1i1.29

Kata Kunci:

Management Strategy, Turism Development

Abstrak

Obyek wisata Ciung Munara yang mengisahkan legenda kerajaan daerah purbakala memiliki potensi besar dalam perekonomian masyarakat sekitar seperti di bidang kuliner, pembuatan cinderamata bahkan pemandu wisatanya adalah asli dari penduduk sekitar, namun hal tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dalam penelitian ini penulis mengambil menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengunjungi langsung objek wisata Ciung Munara dan mewawancarai wisatawan dan pedagang sekitar dengan partisipan sebanyak 20 orang. Adapun hasil kunjungan tersebut penulis mendapatkan hasil penelitian tentang bagaimana manajemen strategis dalam pengembangan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian di sekitar objek wisata Ciung Munara. Pertama, Perencanaan strategi dalam pengembangan pariwisata perlu didukung oleh semua pihak mulai dari pengelolaan pengusaha kuliner dan cinderamata, kedua strategi pengelolaan dalam menarik minat wisatawan untuk datang ke obyek wisata Ciung Wanara dan ketiga kuliner yang khas menjadi daya tarik warga terhadap wisatawan.

 

Biografi Penulis

Putri Noor Ramayanti, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha

Dosen STIE GANESHA Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-09 — Diperbaharui pada 2023-02-09

Versi

Cara Mengutip

Noor Ramayanti, P. (2023). MANAJEMEN STRATEGI SEBAGAI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA OBJEK WISATA CIUNG WANARA, CIAMIS JAWA BARAT. Jurnal Penelitian Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.60023/litabdimas.v1i1.29

Terbitan

Bagian

Terbitan Edisi I