Kapasitas UMKM: Peran Teknologi Digital Dalam Pemberdayaan UMKM Desa Jarum

Authors

  • Evi Kurnia Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta Author
  • Mirzam Arqy Ahmadi Universitas Muhammadiyah Surakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.60023/9m081z53

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, Teknologi Digital

Abstract

Di era disrupsi teknologi digital menyebabkan perubahan signifikan pada sektor Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Perkembangan teknologi digital yang pesat mendorong UMKM melakukan inovasi teknologi dan bertransformasi digital. UMKM berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 61% dari total PDB. Daerah yang memiliki potensi pertumbuhan UMKM yaitu Desa Jarum, Klaten, yang memiliki produksi Batik berkualitas tinggi. UMKM di desa ini menghadapi permasalahan, diantaranya belum memanfaatkan teknologi secara optimal, kurangnya pengetahuan pemasaran dan branding pada UMKM. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16 Juli 2023, objek penelitian ini adalah pelaku UMKM Desa Jarum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif berupa observasi, survei, in-depth interview, dokumentasi dan wawancara kemudian diperkuat sumber dari data sekunder berupa artikel jurnal dan lainnya. Hasil pemanfaatan teknologi sistem informasi dan digital melalui sinergitas pentahelix menghasilkan branding Batik berupa website, dan pemasaran berbasis digital. Dengan memanfaatkan inovasi ini dapat terciptanya ekosistem digital pada UMKM Batik Desa Jarum, meningkatnya daya saing produk Batik Jarum dan mengoptimalkan teknologi digital untuk membangun usaha bisnis yang terintegrasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Evi Kurnia Sari, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Mirzam Arqy Ahmadi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Aisha, N., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2024). Meta Analisis Pengaruh Digitalisasi Terhadap Peningkatan Dan Perkembangan Umkm Di Kota Tangerang Selatan. 5(2), 29–39.

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Dewi Untari, E. F. D. (2018). Neo-colonial identity and counter-consciousness. Journal of Contemporary Asia, 30(3), 308–321. https://doi.org/10.1080/00472330080000221

Firda, Z., Tamaja, P. M. P., Agustin, N. I., & ... (2022). Implementasi Inovasi Branding Batik Celup Dan Jamu Sebagai Produk Unggulan Umkm Desa Kenongo. Jurnal Pengabdian …, 3(1), 252–258. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/326%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/326/273

Firdaus, R., Kel, S., Margiutomo, S., Kom, S., & Dulame, I. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi).

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Hafizd, J. Z. (2022). Pengembangan Wakaf Tunai Melalui Dakwah Berbasis Masjid The Development Of Cash Waqf Through Mosque-Based Da’wah. ORASI Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 109–120.

Manik SMP Negeri, H., & Atap STU Julu, S. (2024). PENGARUH AJARAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 171–176.

Najmudin, M. F., Suryadi, A., & Saepudin, A. (2023). Implementasi model kolaborasi pentahelix dalam pengembangan sumber daya manusia UMKM. Abdimas Siliwangi, 6(3), 587–600.

Nurrahman, S., Saefullah, A., Marthin Sitohang, R., Syaputra, R., Puspita Hakim, M., Ganesha, S., & Penulis korespondensi, J. (2024). Pemanfaatan Platform Digital E-commerce Tiktok & Shopee Affiliate dalam Manajemen Resiko dan Ketahanan UMKM Budidaya Jangkrik dan Usaha Dimsum. Journal of Community Research & Engagement, 1(1), 23–35. https://jurnal.stieganesha.ac.id/index.php/jcre/article/view/36

Rita Andini, S. A. (2023). PELATIHAN PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL PADA KOPERASI SERBA USAHA SEMARANG. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–32.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Syamsuri, Perdi, P. F. R., & Aris Stianto. (2020). Potensi Wakaf di Indonesia (Kontribusi Wakaf dalam Mengurangi Kemiskinan). Malia (Terakreditasi), 12(1), 79–94.

Syukur, A. (2024). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN: Aplikasi Media Baru di Kalangan Pelajar SMP.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Widjajanti, K., Prihantini, F. N., & Wijayanti, R. (2022). Sustainable Development of Business with Canvas Business Model Approach: Empirical Study on MSMEs Batik Blora, Indonesia. International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(3), 1025–1032.

Yana Siregar, L., Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, M., & Negeri Islam Sumatera Utara, U. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Manajemen Bisnis, 2(3), 170–186.

Yudhanto, Y. (2024). Information Technology Business Startup 2.0: Ilmu Dasar Merintis Startup Berbasis Teknologi Informasi untuk Pemula.

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Kapasitas UMKM: Peran Teknologi Digital Dalam Pemberdayaan UMKM Desa Jarum. (2024). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen & Bisnis, 6(1), 42-50. https://doi.org/10.60023/9m081z53